Cara Memilah Sampah

Permasalahan sampah yang hingga kini menjadi salah satu persoalan yang perlu ditangani cepat oleh dunia. Produksi sampah di masyarakat setiap tahunnya meningkat namun pengelolaannya belum bisa diimbangi dengan peningkatkan produksi sampahnya sehingga menggunungnya sampah di Tempat pembungaan Akhir (TPA).

Pengelolaan sampah dengan memilah sampah dari awal menjadi pilihan yang baik untuk dapat pengelolaan berkelanjutan yang baik untuk lingkungan dan bumi.

 

Manfaat Pemilihaan Sampah

Menurut kumparan.com, manfaat pemilahaan Sampah sebagai berikut :  

1. Mengurangi tumpukan sampah merupakan keuntungan paling sederhana dari kebiasaan memilah sampah. Semakin sedikit sampah menumpuk maka semakin baik selain itu juga tidak akan menganggu lingkungan jika kita memisahkan sampah.

2. Mengurangi polusi udara karena dengan memilah sampah akan menghidari kita membakar sampah-sampah yang bisa menyumbang karbondioksida yang sangat mencemari udara.

3. Memudahkan daur ulang, dengan memisahkan sampah antara yang organic dan anorganik anak memudahkan untuk didaur ulang.

4. Memiliki keuntungan ekonomi karena dengan memilah sampah kita bisa memanfaatkan kembali barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat.

5. Mengurangi jumlah sampah anorganik yang masuk ke tempat pembuangan sampah, karena sifatnya yang susah teurai jadi jika dibuang langsung tanpa daur ulang akan sangat mencemari lingkungan.

 

Cara Memilah Sampah

Cara memilah sampah yang bisa dilakukan dirumah sebagai berikut  :

1. Pisahkan antara sampah organik dan anorganik

Pisahkan sampah organik dan anorganik yang dihasilkan sampah rumah tangga.

  1. Sampah Organik adalah jenis buangan yang bisa dan relatif cepat mengalami penguraian. Contoh sampah yang masuk dalam kategori sampah organik di antaranya adalah sisa makanan, kulit buah, sisa masakan dari dapur, dan daun-daunan. Biasanya jenis sampah ini juga bisa diolah kembali menjadi pakan ternak, biogas, bahkan pupuk.
  2. Sampah Anorganik adalah jenis buangan yang sulit untuk diurai dan membutuhkan waktu yang cenderung lama. Contohnya botol minuman, plastik, dan kaleng. Sampah ini tidak akan hancur dalam waktu yang lama meski dibakar sekalipun. Namun untuk sampah anorganik memiliki nilai ekonomis dan bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu.

Pemisahkan sampah organik dan non-organik bisa memudahkan pemilihan dan penggunaan kembali jenis sampah sesuai dengan kegunaannya.

2. Pilah  sampah Anorganik

Cara memilah sampah anorganik dengan memisahkan masing-masing kategori turunannya, seperti plastik (kantong kresek, kemasan plastik, dan sebagainya), kertas, kemasan tetra pack, kaleng, dan beling. Sampah anorganik ini dapat di recycle atau di reuse sehingga sampah tidak berakhir di TPA dan memiliki nilai ekonomis

3. Olah sampah organik menjadi pupuk kompos

Sampah organic dapat diolah menjadi pupuk dan kompos yang berasal dari sampah sisa makanan dan daun lebih cepat terurai dan lebih cepat bisa digunakan sebagai pupuk tanaman.

4. Serahkan sampah anorganik ke lembaga pengolahan sampah

Cukup banyak lembaga-lembaga yang menerima sampah anorganik untuk diolah kembali dan tempat penampungan dan pengolahan sampah juga bekerja sama dengan komunitas yang peduli dengan lingkungan.

5. Sampah Elektronik (E-waste)

E-waste atau sampah elektronik mempunyai dampak buruk untuk kesehatan dan lingkungan jika sudah tidak terpakai lama dan tersimpan dirumah. Dengan mengkategorikan E-waste dirumah dan memilih badan atau perusahaan yang memiliki izin dan berpengalaman dalam mengelola E-waste dari penjemputan, penyimpanan dan sampai pengelolaan.

Universal Eco hadir dengan menyediakan fasilitas pengelolaan E-waste yang bersumber dari masyarakat yang diberi nama Patron. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami disini untuk informasi lebih lanjut agar kamu bisa ikut berkontribusi atau hubungi di whatsapp disini

 

Bijak Kelola sampah bisa dimulai dari diri sendiri dengan memilah sampah yang dihasilkan dari diri sendiri dan rumah tangga. Dengan mengkategorikan lebih awal dapat membantu mengurangi sampah menggunung di TPA dan lingkungan menjadi lebih sehat dan bersih. Bersama Universal Eco, kita menjaga lingkungan kita dari sampah