UniversalEco x Remind : Sisi Ekonomis dan Pemanfaatan Limbah Elektronik

Sustainable Waste Management

 

Jumat, 12 Agustus 2022 - Semakin hari timbulan limbah elektronik menjadi lebih tinggi dikarenakan perkembangan teknologi yang cukup pesat. Pada tahun 2021 saja, timbulan limbah elektronik mencapai 57,4 juta ton pada lingkup global dan di Indonesia sendiri sebanyak 2 juta ton (sumber: data PBB dan KLHK).

Di samping kandungan berbahaya yang ada pada limbah elektronik, terdapat sisi ekonomis di dalamnya. Di Indonesia, dari jumlah 2 ton limbah elektronik yang diproduksi pada tahun 2021, kandungan logam mulia yang terdapat di dalam limbah ini mencakup tembaga, emas, perak, palladium dan platinum memiliki nilai ekonomi sebanyak Rp 32 Triliun dan akan meningkat setiap tahunnya. Diprediksi pada tahun 2024 nilai ekonominya bisa mencapai Rp 210 Triliun.

Tentunya untuk mendapatkan logam mulia ini diperlukan proses pemanfaatan yang tepat dan bertanggung jawab. Salah satu metode pemanfaatan yang dapat dilakukan adalah hidrometalurgi atau pengambilan logam mulia menggunakan larutan kimia yang nantinya akan menghasilkan cetakan logam mulia, dengan tahapan:

  1. Pemilahan sesuai jenis limbah (Sorting, dismantling & desoldering)
  2. Penghancuran ukuran menjadi lebih kecil (Shredding, crushing, & grinding)
  3. Pemisahan densitas menurut sifatnya, seperti plastik dan logam (Density, magnetic, & electrostatic based separation)
  4. Proses hidrometalurgi (Leaching & electrowinning)
  5. Peleburan atau pencetakan logam mulia (Smelting)

Jadi, jangan buang dan olah limbah elektronikmu sembarangan ya!

Selain berbahaya bagi lingkungan, pengelolaan limbah elektronik yang tidak bertanggung jawab dapat menambah rentetan kasus pencemaran lingkungan yang tak akan kunjung usai.

Kamu bisa memanfaatkan fasilitas pengumpulan limbah elektronik yang telah disediakan oleh Patron Universal Eco dan Remind. Tenang saja, kamu akan mendapatkan insentif dari perbuatan kamu ini loh!

Hubungi kami di sini:

- Patron Universal Eco

- Remind

Tentang Universal Eco

Universal Eco adalah perusahaan pengelola limbah yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Misi kami adalah membantu mewujudkan Indonesia bebas limbah dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui penerapan ekonomi sirkular bagi bisnis dan industri. Dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan, Universal Eco dapat melayani berbagai jenis kebutuhan pengelolaan limbah domestik dan B3 (Bahan Beracun & Berbahaya) yang bersumber dari area komersil, industri, dan fasilitas layanan kesehatan.

Layanan kami adalah

  1. Extended Producer Responsibility
  2. Daur Ulang Plastik & Kemasan Limbah B3
  3. Pengolahan Limbah B3
  4. Pengolahan Limbah Medis & Farmasi
  5. Zero Waste Treatment
  6. Secure Data & Destruction
  7. Jasa Pengelolaan Oli Bekas & Oil Sludge
  8. Limbah Elektronik (Patron)

Ingin informasi terkait lingkungan dan limbah bisa kunjungi kami di website atau instagram kami. Bersama Universal Eco mari wujudkan Indonesia bebas limbah, siap mengelola limbahmu secara bertanggung jawab?