UniversalEco x Surplus : Hari Gini Masih Buang Makanan? Sentuh Hati Kecilmu Stop Sampah Makanan!

Sustainable Waste Management

 

Kamis, 15 September 2022 - Tahukah kamu? Indonesia menjadi salah satu penyumbang sampah makanan terbesar di dunia. Tapi disisi lain, Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai negara dengan tingkat kelaparan di Asia Tenggara.

Berdasarkan data Bappenas, kerugian sampah makanan atau Food Loss and Waste pada tahun 2000 - 2019 mencapai 23 - 48 juta ton per tahun dengan kerugian ekonomi mencapai Rp 213 triliun - Rp 551 triliun per tahun.

Penyebab timbulan sampah makanan yang menumpuk ini antara lain:

- Rendahnya kesadaran tentang pentingnya makanan

- Bahan pangan yang murah dibanding negara lain

- Akses makanan yang mudah membuat tidak segan untuk membuang

Padahal sampah makanan berkontribusi besar terhadap pencemaran lingkungan terutama emisi gas rumah kaca. Ketika sampah makanan membusuk, maka dihasilkan gas rumah kaca yaitu metana (CH4). Gas metana ini terbang ke udara dan memberikan efek peningkatan suhu bumi atau pemanasan global yang merupakan salah satu penyebab perubahan iklim.

Para ilmuwan percaya bahwa jika kita berhenti membuang makanan, kita dapat mencegah 11% emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh sistem pangan. Jadi, masih mau untuk buang-buang makanan? Alangkah lebih baik untuk mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan ya!

 

Tentang Universal Eco

Universal Eco adalah perusahaan pengelola limbah yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Misi kami adalah membantu mewujudkan Indonesia bebas limbah dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui penerapan ekonomi sirkular bagi bisnis dan industri. Dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan, Universal Eco dapat melayani berbagai jenis kebutuhan pengelolaan limbah domestik dan B3 (Bahan Beracun & Berbahaya) yang bersumber dari area komersil, industri, dan fasilitas layanan kesehatan.

Layanan kami adalah

  1. Extended Producer Responsibility
  2. Daur Ulang Plastik & Kemasan Limbah B3
  3. Pengolahan Limbah B3
  4. Pengolahan Limbah Medis & Farmasi
  5. Zero Waste Treatment
  6. Secure Data & Destruction
  7. Jasa Pengelolaan Oli Bekas & Oil Sludge
  8. Limbah Elektronik (Patron)

Ingin informasi terkait lingkungan dan limbah bisa kunjungi kami di website atau instagram kami. Bersama Universal Eco mari wujudkan Indonesia bebas limbah, siap mengelola limbahmu secara bertanggung jawab?