Limbah kerap dipandang sebagai sampah yang tidak berharga. Bahkan, tidak sedikit yang memandangnya sebagai ancaman yang dapat merusak lingkungan. Namun beda halnya dengan limbah besi bekas. Dengan tingginya permintaan besi di pasaran, jual beli scrap besi bekas dan jual beli logam bekas bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Apa Itu Scrap Besi Bekas

Istilah scrap besi bekas sebenarnya banyak mengacu pada besi yang sudah tidak lagi digunakan. Biasanya, scrap besi ini bisa berupa besi bekas pembongkaran rumah, gedung, pabrik atau sisa-sisa produksi.

Bentuk dari scrap besi bekas ini pun sering kali tidak beraturan. Ada yang berbentuk pipa, batang ataupun lempengan logam dengan potongan yang cenderung berantakan. Adanya karat di permukaan besi juga bukan hal yang jarang ditemukan. Karena itulah, besi bekas sering kali hanya ditumpuk begitu saja.

Jual Beli Scrap Besi Bekas

Meski nilainya lebih rendah dibandingkan besi yang lazim dijual di pasaran, scrap besi bekas sebenarnya tetap memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Setidaknya, nilai jual besi bekas relatif lebih tinggi dibandingkan dengan material-material bekas yang lain.

Harga scrap besi bekas ini juga cukup bervariasi. Biasanya, harga besi bekas dinilai dari kondisinya. Semakin tebal dan semakin panjang besi tersebut, harganya akan semakin tinggi. Namun tentu saja, pabrik yang menerima jual beli scrap besi bekas biasanya hanya menerima besi yang tidak mengandung banyak karat ataupun cat.

Scrap besi bekas sendiri dapat dibagi menjadi empat kelas, yakni kelas A hingga kelas D. Besi tua kelas A memiliki ketebalan paling tinggi, yakni minimal 6mm. Harganya pun yang paling tinggi. Sedangkan untuk kelas B, C dan D, ketebalannya secara berturut-turut 3-5mm, 2-3mm dan 1-2mm. Karena itulah, semakin ke bawah harganya semakin rendah.

Daur Ulang Besi Bekas

Jual beli scrap besi bekas ini biasanya dapat dilakukan dengan pabrik yang memang bergerak dalam industri daur ulang besi. Universal Eco adalah salah satu contohnya. Sebagai penyedia jasa pengolahan limbah, Universal Eco juga bisa menjadi rekan yang dapat diandalkan. Dengan daur ulang, limbah yang tidak berguna bisa diubah menjadi lebih bernilai.

Peluang Bisnis Jual Beli Scrap Logam & Limbah Besi Bekas

Peluang Bisnis Jual Beli Logam Bekas

Dalam skala industri besar, kebutuhan akan bahan baku sebenarnya cukup banyak yang dipenuhi dari hasil daur ulang limbah. Misalnya saja dalam industri pengolahan logam. Hal ini melahirkan rantai transaksi jual beli scrap logam bekas yang kemudian turut mendorong tumbuhnya industri besi baja dan logam di dalam negeri. Meski menyandang nama bekas, scrap logam bekas pada dasarnya memang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Daur Ulang Scrap Logam Bekas

Scrap logam bekas memang tidak dapat digunakan kembali. Sering kali keberadaannya hanya ditumpuk hingga berkarat dan terurai secara alami. Akan tetapi, logam bekas sebenarnya dapat diolah menjadi produk baru yang bernilai. Di sinilah peran daur ulang dalam mengubah limbah scrap logam bekas menjadi lebih bermanfaat.

Daur ulang scrap logam bekas sendiri membutuhkan proses yang cukup panjang. Setelah dikumpulkan, logam bekas masih harus dipisahkan berdasarkan kelasnya. Beberapa logam yang minim karat dan tidak banyak terkena cat dapat diproses ke tahap berikutnya. Sedangkan untuk logam yang mengandung banyak karat, pilihannya hanya tinggal pemusnahan.

Scrap logam bekas yang masih dalam kondisi cukup baik inilah yang dapat dimanfaatkan kembali. Melalui proses peleburan, logam bekas bahkan bisa diubah menjadi produk baru.

Jual Beli Scrap Logam Bekas

Setiap harinya, ada banyak limbah yang dihasilkan di penjuru negeri. Dari beberapa limbah yang dihasilkan, beberapa di antaranya tergolong jenis limbah yang dapat didaur ulang. Salah satunya adalah scrap logam bekas.

Scrap logam bekas ini umumnya berasal dari pembongkaran rumah atau bangunan. Karena berasal dari pembongkaran, kondisi scrap logam bekas sering kali tidak layak untuk digunakan kembali. Logam tersebut harus diolah terlebih dahulu agar dapat digunakan. Bahkan, tidak sedikit scrap logam bekas yang kemudian didaur ulang menjadi produk yang bernilai jual tinggi.

Tingginya permintaan jual beli scrap logam bekas umumnya berasal dari industri besi baja dan logam. Permintaan tersebut juga tidak selalu bisa terpenuhi. Karena itulah, masih ada ruang yang cukup luas bagi mereka yang ingin mendapat keuntungan dari scrap logam bekas.

Universal Eco merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengolahan limbah. Bersama dengan Universal Eco, mengubah scrap logam bekas atau jual beli scrap besi bekas dan memanfaatkannya kembali sangat mungkin dilakukan.