Energi sebagai pokok utama penunjang kehidupan masyarakat menjadi masalah penting yang saat ini menjadi perdebatan. Pembangunan berkesinambungan memerlukan energi, namun lingkungan sering menjadi korban dari proses ekstraksi sumber daya energi.

Untuk menengahi kedua hal tersebut, pengunaan sumber energi yang ramah lingkungan, dapat diperbaharui, efisien, dan berkelanjutan mungkin dapat menjadi solusi.

 

 

Sumber Energi Surya

Indonesia sebagai wilayah tropis mempunyai karakteristik intensitas cahaya matahari yang tidak fluktuatif sehingga memiliki potensi besar dalam menghasilkan energi surya yang tinggi hingga 4,80 KWh/m2 setiap harinya.

Dengan penyaluran energi yang sangat sederhana, energi surya dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi ramah lingkungan untuk pembangkit listrik tanpa menghasilkan polusi. Dalam keadaan cuaca cerah, tegangan konstan yang dihasilkan mencapai 0.5 V – 0.7 V dan arus sebesar 20 mA. Adapun keuntungan yang diperoleh dari penggunaan energi surya, seperti:

  • Ketersediaan intensitas energi surya yang tinggi
  • Penghematan sumber daya minyak bumi dan batu bara
  • Tidak menghasilkan pencemaran lingkungan
  • Menurunnya eksploitasi sumber daya minyak bumi dan batu bara
  • Mampu menjangkau seluruh wilayah untuk menghasilkan listrik
  • Energi yang tersedia berkelanjutan

 

Sumber Energi Air

Air sebagai sumber daya alam tak terbatas merupakan salah satu energi ramah lingkungan yang mudah didapat dan murah. Letak wilayah Indonesia yang strategis dan banyak dialiri oleh irigasi air menjadi modal awal untuk memanfaatkan energi tersebut. Sumber daya air mampu menghasilkan energi listrik karena adanya energi potensial dan energi kinetik yang menyebabkan terjadinya lompatan muatan.

Semakin besar kapasitas aliran dan ketinggian terjunan air maka energi yang dihasilkan dapat lebih besar untuk menghasilkan listrik. Penggunaan sumber energi ini telah banyak digunakan secara luas sekitar 20% dari listrik di seluruh dunia. Kelebihan dari penggunaan energi air, yaitu:

  • Sumber energi yang diperoleh konstan
  • Pemanfaatannya bisa digunakan secara berulang
  • Energi air dapat dikontrol
  • Bebas zat pencemaran
  • Tidak menghasilkan gas emisi
  • Mampu menghasilkan daya yang besar

 

Sumber Energi Panas Bumi

Sumber panas bumi yang tersebar meluas di sepanjang jalur gunung api dari sumatera hingga maluku menjadi potensi besar untuk menghasilkan sebuah energi terbarukan di Indonesia. Berdasarkan Badan Geologi KESDM, terdapat 312 titik lokasi di Indonesia yang berpotensi menjadi sumber panas bumi dengan total sebesar 28.910 MW. Namun kenyataannya, pemanfataan sumber energi panas bumi ini masih rendah dibandingkan dengan penggunaan batubara atau minyak bumi.

Menurut Ali Mundakir dari PT. Pertamina Geothermal Energy, keberadaan energi panas bumi ini sudah seharusnya dapat membantu permasalahan kekurangan limit per kapita penggunaan listrik. Sebagai salah satu sumber energi terbarukan, panas bumi memiliki tingkat performa yang paling stabil dan ketersediaan yang paling tinggi sehingga bisa memenuhi beban dasar.

 

Sumber Energi Angin

Sumber energi angin

Angin adalah salah satu sumber energi yang ramah lingkungan

Meskipun potensi energi angin di Indonesia relatif kecil dibandingkan energi lainnya, tetapi masih terdapat wilayah nozzle effect (wilayah diantara dua pulau atau lereng diantara dua gunung) yang mampu mendukung pemanfaatan sumber energi ini. Pengunaan sumber energi angin berasal dari pergerakan udara yang dihasilkan dari perubahan temperatur udara akibat pemanasan radiasi matahari. Potensi energi listrik yang dapat dihasilkan dari pemanfaatan sumber energi angin kurang lebih sebesar 1,3 MW.

 

Sumber Energi Laut

Indonesia sebagai negara dengan wilayah laut terbesar dan pantai terpanjang kedua di dunia, menjadikan keuntungan tersendiri untuk mengembangkan teknologi yang bisa memanfaatkan energi laut sebagai penunjang kebutuhan energi di Indonesia.

Energi ini dapat dihasilkan dari energi pasang surut, energi perbedaan suhu, energi gelombang, energi arus laut, dan sebagainya. Wilayah yang dapat dijangkau untuk memanfaatkan energi tersebut berasal dari selat sempit atau teluk dimasing-masing pulau. Potensi termal yang dihasilkan antara lain sebesar 2,5 x 1.023 Joule dengan efisiensi konversi energi sebesar 3% atau sekitar 240.000 MW. Karakteristik sumber energi laut untuk saat ini lebih sesuai untuk memenuhi kebutuhan energi di pulau terpencil dan kota-kota pelabuhan.

 

Bioenergi

Sumber energi yang berasal dari biomassa sebagai fraksi produk limbah, biodegradasi, dan sebagainya. Bioenergi merupakan salah satu alternatif energi ramah lingkungan yang dapat menggantikan petroleum. Selain sifatnya yang ramah lingkungan, sumber energi mudah terurai, mampu mengurangi efek rumah kaca, dan terjaminnya kontinuitas bahan baku. Sumber energi ini merupakan salah satu komponen kunci dalam mencapai Millenium Development Goals (MDGs).

 

 

Potensi kelangkaan dan pencemaran yang terjadi akibat penggunaan energi fosil dan minyak bumi sudah menjadi alasan dasar untuk mengubah penggunaan sumber tersebut menjadi sumber energi ramah lingkungan. Oleh karena itu, sudah saatnya untuk mengembangkan, memanfaatkan, dan mengimplementasikan energi baru terbarukan sebagai upaya mengurangi emisi dalam tingkat yang besar. Tindakan yang nyata menjadi kunci perubahan untuk menyelamatkan dunia.